"http://alpha12.pusat.baznas.go.id/648"

Hari Pangan Sedunia, BAZNAS Bagikan 5000 Paket Makanan Sehat

  • Diposting oleh : HUMAS BAZNAS
  • Tanggal : 16/10/2020
  • Dokumentasi BAZNAS


    Menyambut Hari Pangan Sedunia yang jatuh pada tanggal 16 Oktober, Badan Amil Zakat Nasional (BAZNAS) melakukan kegiatan pendistribusian 5.000 paket makanan sehat yang disalurkan di 20 Kabupaten atau Kota di Indonesia. Penyaluran dilakukan serentak, Jumat (16/10) di wilayah Jabodetabek, Bandung, Cirebon, Ciancur, Yogyakarta, Banjarmasin, Palembang, Padang, Luwu Utara, Wajo, dan kota lainnya. 

     

    Melalui tim Layanan Aktif  BAZNAS paket makanan sehat ini dibagikan untuk  kelompok rentan pada sektor informal yang terdampak pandemi, seperti buruh harian, tukang ojek (online pangkalan), pengayuh becak, supir angkot, juru parkir, pengamen atau anak jalanan, dan pemulung. Tak hanya pekerja rentan, yayasan sosial juga menjadi salah satu titik lokasi pendistribusian paket makanan sehat, yakni panti asuhan, panti jompo, rumah singgah, dan panti sosial lainnya yang minim bantuan.

     

    Kepala Program Layanan Aktif BAZNAS, Iskandar Darussalam mengatakan kegiatan ini sebagai salah satu upaya meningkatkan ketahanan pangan keluarga dimasa Pandemi Covid-19.

     

    “Layanan Aktif BAZNAS memiliki program Bank Makanan dimana salah satu kegiatannya adalah berkeliling ke beberapa tempat untuk membagikan makanan kepada mustahik, baik itu orang tua, anak-anak yang berada di yayasan maupun pekerja rentan yang kesulitan untuk memenuhi kebutuhan makan hariannya,” ujar Iskandar dalam keterangannya, Jum’at, (16/10).

     

    Iskandar menambahkan agar program penyaluran makanan sehat lebih luas penerima manfaatnya, BAZNAS juga melibatkan beberapa UMKM yang bergerak di bidang kuliner sebagai penyedia paket makanan sehat yang dibagikan ke masyarakat.

     

    “Selain memenuhi kebutuhan pangan masyarakat yang tidak mampu, program pembagian paket makanan sehat ini tentunya juga memberikan manfaat kepada pelaku UMKM  karena mereka juga mendapat pemasukan dalam penyediaan makanan sehat. Semoga sinergi di peringatan hari pangan sedunia ini dapat terus menguatkan para mustahik,” katanya.

     

    Di Hari Pangan Sedunia ke-40 ini, tak hanya aksi membagikan makanan, BAZNAS juga sekaligus melakukan aksi sosialisasi Perilaku Hidup Bersih dan Sehat (PHBS) bagi masyarakat kelompok rentan dalam menghadapai kondisi pandemi.

     

    Sementara itu, Direktur Pendistribusian dan Pendayagunaan BAZNAS, Irfan Syauqi Beik mengatakan hingga saat ini masih banyak masyarakat kurang mampu yang tidak bisa memenuhi kebutuhan ideal makan sehari-hari. Ditambah kondisi pandemi, semakin membuat kelompok rentan ini tak berdaya, bahkan sekedar makan untuk bertahan hidup.

     

    “Bertepatan dengan momentum Hari Pangan Dunia, BAZNAS berkomitmen untuk membantu mustahik yang saat ini masih harus berjuang untuk sekedar memenuhi kebutuhan pangan hariannya. Program Bank Makanan adalah bagian kecil dalam upaya BAZNAS untuk turut mengambil peran memberikan akses makanan sehat untuk orang yang kekurangan,” ucap Irfan.

     

    “Semoga kegiatan ini juga dapat menginisiasi masyarakat untuk meningkatkan semangat berbagi selama dalam kondisi pandemi ini,” tutupnya.

     

    Program Bank Makanan dikembangkan BAZNAS  sejak 2019 sebagai program gerakan pangan untuk mengurangi kelaparan dengan memberikan akses pangan bagi para kelompok rentan. Dalam praktiknya bank makanan mengumpulkan makanan berlebih yang telah dikumpulkan, baik dari hotel atau pun resto yang sebelumnya sudah bekerja sama dengan BAZNAS.

     

    Setelah dikumpulkan, maka tim BAZNAS berkeliling ke beberapa lokasi untuk  mendistribusikan kepada masyarakat yang kurang mampu.

BAYAR ZAKAT