BAZNAS NEWS | 1 Oktober 2020

  • Tanggal : 01/10/2020
  • Diposting oleh : Markom

BAZNAS Tingkatkan Literasi Masyarakat Bangkit dari Bencana Lewat Buku

Acara bedah buku secara online ini dihadiri ketua BAZNAS Bambang Sudibyo dan Mr. Wakabayashi takahiro selaku Direktur Informasi dan Pendidikan Kedubes Jepang, dan Kepala Lembaga Beasiswa BAZNAS Sri Nurhidayah. Buku dengan judul bahasa suku kaili, Sulawesi tengah ini merupakan catatan selama masa pendampingan di daerah terdampak bencana mulai dari kegiatan assesmen sekolah, pembangunan, hingga ke pendampingan selama satu tahun pasca peresmian bangunan. BAZNAS menyampaikan terima kasih kepada komite 60 tahun Indonesia-Jepang yang sudah bekerja sama dalam mebangun kembali sekolah yang rusak karena terdampak bencana tersebut. Buku ini diharapkan dapat menjadi titik balik untuk semua, terutama bagi para korban yang pernah terdampak bencana PASIGALA, bahwa selalu ada hikmah yang dapat diambil dari sebuah bencana.

================================

BAZNAS Sediakan Layanan Kesehatan Keliling saat Pandemi

Pada bulan September ini tim Layanan Luar Gedung sudah melaksanakan UKK pada lima titik, empat titik yang rutin setiap bulan dan satu titik baru. Ditengah Pandemi covid-19 tim tetap melaksanakan kegiatan dengan tetap menerapkan protokol kesehatan, baik petugas maupun masyarakat yang ingin berobat. Titik-titik yang dikunjungi pun sudah dikondisikan baik dari jumlah Mustahik yang banyak, akses kesehatan cukup jauh dan termasuk zona aman dari covid-19. Pada bulan ini ada sekitar 545 pasien yang berobat dari program Unit Kesehatan Keliling (UKK).

================================

BAZNAS Dorong Mustahik Kembangkan Produk Olahan Pepaya

Di tangan kelompok usaha mitra binaan BAZNAS Microfinance di Desa Sibowi Sulawesi tengah, ternyata buah pepaya bisa diolah menjadi kripik pepaya, stik pepaya balado dan stik pepaya original. Pengembangan produk ini hasil pendampingan dan monitoring usaha yang dilakukan oleh BAZNAS, pada september lalu. Produk olahan pepaya dipasarkan di sekitar Sibowi dengan harga yang terjangkau. Melihat potensi produk olahan pepaya, Tim BAZNAS Microfinance Desa Sigi saat ini terus melakukan proses pendampingan untuk perbaikan branding dan packaging, serta pengurusan legalitas usaha.

================================

BAZNAS Siaga Bantu Lokasi Terdampak Pasca Banjir Bandang

Setelah melakukan evakuasi puing-puing dan menyediakan layanan kesehatan. BAZNAS masih bersiaga membantu korban terdampak banjir bandang di sukabumi, dengan melakukan pembersihan lokasi yang masih terendam lumpur, menyediakan akses jalan jembatan darurat, program pipanisasi penyediaan air bersih, hingga sosialisasi protokol kesehatan pencegahan covid-19. Kegiatan ini dilakukan bersama-sama dengan anggota TNI yang bertugas dan warga sekitar terdampak banjir bandang.

================================

BAZNAS Bantu Fasilitasi dalam Pemasaran Produk Mitra Mustahik

Pengiriman produk madu ini merupakan tahap keenam setelah adanya penandatanganan akad kerjasama dengan BAZNAS BAZIS DKI Jakarta. Sinergi ini menjadi salah satu wujud BAZNAS Microfinance dalam membantu memfasilitasi pemasaran produk mitra mustahik binaan. Kelompok Tetes Bunga Sejahtera merupakan kelompok peternak madu sebagai mitra mustahik binaan BAZNAS yang berasal dari Nglipar, Gunung Kidul Yogyakarta. Mereka bergabung menjadi mitra mustahik binaan BAZNAS Microfinance sejak 2018.

================================

Peternak Binaan BAZNAS Kembangkan Usaha Akikah Online

Kegiatan peluncuran layanan akikah online tersebut dilakukan secara daring melalui kanal Youtube resmi BAZNAS TV. Fase baru dalam usaha para mustahik peternak binaan BAZNAS ini dapat mengembangkan usaha para mustahik sehingga dapat meningkatkan taraf hidupnya. Masyarakat yang ingin melaksanakan akikah, kini dimudahkan dengan transaksi secara online melalui aplikasi Mumu Apps, dengan unduh aplikasi MumuApps di playstore atau apps store, lalu registrasi, kemudian pilih menu aqiqah Balai Ternak BAZNAS. Hewan ternak tersebut dibeli dari para peternak mustahik dengan harga terbaik.