BAZNAS News | 20 November 2020

  • Tanggal : 20/11/2020
  • Diposting oleh : Markom

BAZNAS Bantu Usaha Kopi Sepeda Mustahik Jakarta

Pendistribusian bantuan dilakukan oleh Lembaga Pemberdayaan Ekonomi Mustahik BAZNAS di Pulogadung Jakarta Timur. Bantuan modal usaha ini terdiri dari sepeda, perlengkapan usaha, dan bahan baku usaha yang dapat segera digunakan mustahik dalam menjajakan usaha jualan kopi keliling di beberapa wilayah Jakarta. Mustahik yang diberikan bantuan tersebut merupakan mustahik yang terdampak covid-19. Sebagian besar merupakan korban PHK, pengangguran dan buruh lepas. Kedepannya, kelompok usaha kopi keliling akan memiliki koperasi sendiri sebagai pusat jual beli bahan baku usaha kopi sepeda. Koperasi ini sekaligus menjadi unit usaha bersama yang dikelola oleh 50 mustahik yang tergabung dalam kelompok kopi sepeda, dimana 23 mustahik kopi sepeda lainnya sudah disalurkan di wilayah Jakarta Selatan.

================================

BAZNAS Distribusikan Makanan Siap Saji bagi Pekerja Rentan

Truk Bank Makanan yang memuat makanan siap saji berkeliling untuk mencari para pekerja rentan yang masih mencari nafkah di sepanjang jalan. Kali ini rute Truk Bank Makanan BAZNAS mendistribusikan di wilayah Cibinong Bogor dengan sasaran penerima manfaat pengamen, ojek, pedagang kecil, sopir angkot, tukang parkir hingga anak jalanan. Makanan siap saji ini diproduksi oleh mustahik pengusaha makanan, Dapur Omi Tanah abang yang dibina oleh BAZNAS. Bank Makanan dari BAZNAS berusaha melayani kaum yang rentan sebaik mungkin, terutama selama krisis ini.

================================

Mudahkan Pengelolaan Usaha, BAZNAS Bekali Saudagar dengan Aplikasi Z-Mart

Bertempat di Kelurahan Selapajang Jaya-Neglasari Kota Tangerang, Para saudagar diberikan penjelasan tahapan tahapan apa saja yang harus dilakukan ketika barang diberikan, seperti bagaimana tata cara display barang, stok opname, mulai melakukan pencatatan omset dan laba, serta bagaimana caranya agar mereka dapat melakukan repeat order melalui aplikasi Zmart. Selain sosialisasi mekanisme tersebut, mustahik Zmart juga diberikan materi motivasi untuk menjaga mental dan inovasi dalam pengelolaan. Para Saudagar Z-Mart juga didaftarkan menjadi anggota koperasi serta mendapat penjelasan mengenai komitmen dan keuntungan menjadi anggota koperasi.