"http://alpha12.pusat.baznas.go.id/18"

Pendampingan untuk Suwanto Kembangkan Usaha Nasi Goreng Keliling

  • Diposting oleh : Markom
  • Tanggal : 08/07/2020
  • Suwanto saat mengolah usaha nasi goreng di kiosnya


    Malam hari di pinggir jalan Cipinang Kebembem, Jakarta Timur tercium aroma bumbu menyengat, dan kadang terasa pedas di mata saat melewati sebuah warung nasi goreng. Ya.. itulah warung nasi goreng Karyo, milik Mustahik binaan LPEM BAZNAS bernama Suwanto. Bumbu khas nasi goreng Karyo milik Suwanto walaupun menyengat namun ketika sudah tersaji dalam bentuk nasi goreng cukup menggugah selera bagi penikmatnya.

    Buka pukul 17.00 WIB setiap harinya, Suwanto menjajakan warung nasi goreng miliknya hingga pukul 02.00 WIB di kios sewaannya di Cipinang Kebembem, Jakarta Timur. Tak hanya melayani pembelian langsung di warungnya, nasi goreng Karyo milik Suwanto juga melayani pesan antar melalui aplikasi GoFood. Inovasi ini untuk mengakomodir pelanggan nasi gorengnya yang enggan keluar rumah dalam masa pandemi ini. 

    Suwanto menceritakan, perjalanan usaha nasi goreng keliling hingga sekarang mampu menyewa kios bukanlah hal yang mudah. Pria asal Kebumen ini merantau ke Jakarta dengan mengawali usaha berjualan nasi goreng keliling. 30 tahun lamanya Suwanto berjualan nasi goreng berkeliling ke sudut sudut kota Jakarta.

    `Dahulu saya puluhan tahun berjualan keliling,` ujar Suwanto.

    Awal mula Suwanto mampu menyewa kios adalah saat Ia mendapatkan bantuan modal usaha dan pendampingan dari LPEM BAZNAS. Berkat kegigihannya dan pendampingan yang cukup intens, Suwanto mampu mewujudkan cita-citanya yang ingin membuka kios sendiri. Kini setelah 6 bulan menjalani pendampingan LPEM BAZNAS, Suwanto sudah bisa menyewa kios untuk memaksimalkan usahanya.

    `Membuka kios adalah cita-cita saya agar bisa maksimal untuk melakukan penjualan, Allhamdulillah sekarang sudah bisa sewa kios dan tidak perlu lagi dorong gerobak,` ucapnya.

    Untuk mengambangkan usaha dari nasi goreng Karyo milik Suwanto, Tim LPEM BAZNAS juga melakuan penyesuaian dengan kondisi zaman yang serba digital dan online yakni dengan mendaftarkan produk nasi goreng karyo di aplikasi GoFood @nasi goreng Karyo dan Instagram @paguyubanberkahsejahtera sebagai salah satu strategi dalam pemasaran produk usahanya.

    Pendampingan dari BAZNAS ini diharapkan menjadi salah satu jalan untuk memberdayakan para pelaku usaha UMKM agar semakin meningkat usahanya hingga mereka mampu bersaing dengan usaha-usaha yang lainnya. 

BAYAR ZAKAT